Update Berita
Home » Berita MS Jantho » Sediakan Posbakum, Mahkamah Syar’iyah Jantho Jalin Kerjasama dengan PP3M

Sediakan Posbakum, Mahkamah Syar’iyah Jantho Jalin Kerjasama dengan PP3M

 

Jantho, Senin 8 Februari 2021
Dalam rangka meningkatakan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, Mahkamah Syar’iyah Jantho terhitung sejak pekan kedua bulan Februari 2021 telah menyediakan pelayanan pos bantuan hukum (Posbakum) bagi masyarakat tidak mampu di wilayah hukum Mahkamah Syar’iyah Jantho.

Untuk pelaksanaan Posbakum tersebut, Mahkamah Syar’iyah Jantho menjalin kerjasama dengan Perkumpulan Pendidikan, Pendampingan untuk Perempuan dan Masyarakat (PP3M) dengan melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman kerjasama antara Mahkamah Syar’iyah Jantho dengan PP3M tersebut.

Penandatanganan MoU dilaksanakan pada hari Senin tanggal 8 Februari 2021 yang dilangsungkan di lobby utama gedung Mahkamah Syar’iyah Jantho, oleh Siti Salwa, S.H.I., M.H. (Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho) dan T. Cut Donny Van, MM, CPCE (Ketua PP3M), dengan disaksikan oleh para hakim dan pegawai Mahkamah Syar’iyah Jantho, serta pengurus PP3M.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Siti Salwa, S.H.I., M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa layanan Posbakum ini merupakan yang pertama sekali disediakan di Mahkamah Syar’iyah Jantho sejak Mahkamah Syar’iyah Jantho berdiri;

“Alhamdulillah, Kita patut bersyukur karena mulai tahun 2021 layanan Posbakum dapat disediakan di Mahkamah Syar’iyah Jantho, hal tentunya karena tersedianya anggaran dalam DIPA 04 Mahkamah Syar’iyah Jantho tahun anggaran 2021 dengan jumlah anggaran yang tersedia sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah)” tutur Siti Salwa.

Kepada Pengelola Posbakum yang ditunjuk, Siti Salwa berpesan supaya pelayanan posbakum di Mahkamah Syar’iyah Jantho dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, tepat sasaran dan penuh rasa tanggung jawab sebagaimana yang telah diamanatkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum, dan penjabarannya dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2014, selain itu Siti Salwa juga berharap selama pelaksanaan pelayanan posbakum agar mengutamakan kualitas pelayanan, terutama dalam hal menjaga kode etik, sebagaimana yang telah diuraikan dalam dokumen MoU yang disepakati bersama.

Pada kesempatan yang sama Ketua PP3M T. Cut Donny Van, MM, CPCE juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan Mahkamah Syar’iyah Jantho kepada Lembaganya untuk melaksanakan kegiatan Posbakum di Mahkamah Syar’iyah Jantho. ia juga mengharapkan nantinya dalam pelaksanaan Posbakum di Mahkamah Syar’iyah Jantho, dapat terlaksana sesuai amanat Negara dan dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat yang perlu mendapatkan bantuan hukum.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebelum penunjukan PP3M untuk mengelola Posbakum, Pimpinan Mahkamah Syar’iyah Jantho telah membentuk Tim Panitia Seleksi (pansel) pelaksana Posbakum yang terdiri dari Wakil Mahkamah Syar’iyah Jantho, Para Hakim dan Sekretaris, pansel berfungsi untuk melakukan verifikasi pemilihan serta evaluasi dan monitoring pelaksanaan kegiatan ini. ( *MJ* )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*