Update Berita
Home » Berita MS Jantho » Pimpin Rapat Evaluasi Bulanan Kinerja Hakim Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Bahas Kepatuhan Pengisian Sistem Informasi Penelusuran Perkara ( SIPP )

Pimpin Rapat Evaluasi Bulanan Kinerja Hakim Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, Bahas Kepatuhan Pengisian Sistem Informasi Penelusuran Perkara ( SIPP )

Rabu, 19 Mei 2021, di ruang rapat pimpinan, ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho memimpin rapat evaluasi bulanan kinerja Hakim. Rapat dimulai tepat pukul 09.00 wib dengan dihadiri oleh wakil ketua dan seluruh hakim Mahkamah Syar’iyah Jantho. Ada dua hal yang menjadi poin pembahasan dalam rapat bulan ini, yaitu pertama tentang kontrol ketepatan dan kepatuhan pengisian SIPP, dan kedua tentang wacana terkait rancangan Mou dengan beberapa instansi terkait.

Dalam rapat tersebut, Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho mengajak seluruh hakim untuk dapat bekerja sama dalam mengontrol kepatuhan dalam pengisian SIPP, yang meskipun dalam setiap pengisian telah terdapat penanggung jawab masing-masing, namun dalam pelaksaannya masih perlu dikontrol untuk memastikan bahwa seluruh item terkait terisi tepat waktu dan oleh orang yang tepat.

Sebagai contoh dalam pengisian penundaan sidang, dari hasil evaluasi yang meskipun jumlahnya tidak banyak, ditemukan masih ada beberapa perkara yang oleh Panitera Pengganti luput dalam pengisian penundaan sidang. Sehingga disini diperlukan kontrol Majelis yang menangani perkara. Selain itu dalam pelaksanaan delegasi, minutasi, waktu BHT, dan arsip perkara juga masih memerlukan kontrol ekstra dalam kepatuhan ketepatan waktu pengisian pada SIPP.

Sampai rapat ini dilaksanakan ada 28 sisa perkara yang masih berjalan, setelah dievaluasi, sisa perkara tersebut terdiri perkara baru daftar, perkara ghaib, perkara ditunda untuk pemohon/penggugat mendapat izin atasan, perkara harta bersama, dan perkara waris yang dalam praktiknya memang tidak dapat selesai dalam waktu singkat. Selain itu, dalam rapat ini juga turut membahas poin-poin penilaian SIPP oleh BADILAG dan bagaimana meningkatkan penilaian kinerja satker.

Kemudian, dalam meningkatkan pelayanan publik kepada para pencari keadilan dalam wilayah hukum Mahkamah Syar’iyah Jantho, Ketua bersama Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho mewacanakan untuk dapat membuat MoU atau perjanjian kerja sama dengan beberapa instansi terkait, diantaranya dengan Badan Pertanahan Nasional, Kantor Pos, Polres, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Agama, Bank Syariah Indonesia dan Bank Aceh, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Adab, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), Sekolah Menengah Kejuruan, dan dengan instansi-instansi terkait lainnya.

Untuk dapat terealisasinya wacana tersebut, dalam pelaksaannya nanti dibagi ke dalam dua kelompok kerja ( Pokja ) yaitu pokja pertama dipimpin oleh bapak Muhammad Redha Valevi, S.HI., MH dan pokja kedua dipimpin oleh bapak Murtadha, Lc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

× chat kami